Translate Blog SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI to :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

SEJARAH BERDIRINYA SMK PEMBANGUNAN JAYA-YAKAPI

SEJARAH BERDIRINYA
SMK PEMBANGUNAN JAYA-YAKAPI
STRUKTUR ORGANISASI
YAYASAN AKADEMI ADMINISTRASI PEMBANGUNAN INDONESIA.
(Berdasarkan akta Notaris R.Oerip No.20 Tanggal 14 Oktober 1970)

BADAN PENDIRI YAKAPI
1. Drs. Bambang Soejadi
2. Drs. Djajadi Kartawirja
3. Drs. KS. Padmanegara
4. Let. Kol. CPM. Ichsani
5. Dr. Buchari Zainun
6. Kol. Suwardi Tirtosudarmo
7. Drs. Wayan Kantun T.
8. Drs. H. Soetadi

BADAN PENGURUS YAKAPI
Ketua I : Drs. Djajadi Kartawirja
Ketua II : Drs. Bambang Soejadi
Sekretaris I : Drs. Dachlan Noer Sitopoe
Sekretaris II : Sugijono, SH
Bendahara I : Drs. Suripno
Bendahara II : Drs. Salim Harun

BADAN PENGAWAS YAKAPI
Ketua : Let. Kol. CPM. Ichsani
Wakil Ketua/ anggota : Dr. Buchari Zainun
Sekretaris / anggota : Drs. Wayan Kantun T.

PEMBUKAAN SMK PEMBANGUNAN JAYA-YAKAPI JAKARTA.

Secara yuridis formal, SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI Jakarta adalah lembaga pendidikan menengah swasta di Jakarta melalui surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. Kep.015/I.I.A1/I/96, tertanggal 18 Juni 1996, dan telah terakreditasi ”B” SK. No.08/BAS Dikmen/II/2004, tanggal 26 Februari 2004.

Sedangkan secara defacto, SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI mulai tahun ajaran 1998/1999, dengan penerimaan siswa baru pertama kali menerima 3 (tiga) kelas. Hal ini ditandai dengan Surat Keputusan Ketua YAKAPI Nomor : SK.01/043/YAKAPI/1998, tentang Pembukaan SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI, tanggal 30 September 1998.

Dalam rangka pendirian dan pembinaan YAKAPI terhadap SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI, Dewan Pendiri YAKAPI mengadakan rapat pada hari, Rabu tanggal 13 Nopember 1996, bertempat di Kampus AKAPI yang dihadiri 5 orang anggota dari 6 anggota Dewan Pendiri yang masih hidup antara lain sebagai berikut:
1. Drs. Djajadi Kartawirja
2. Prof. Dr. H. Buchari Zainun
3. Drs. Wayan Kantun T
4. Drs. H. Soetadi
5. H. Suwardi Tirtosudarmo (Kol. Purn)

Kesimpulan rapat Dewan Pendiri YAKAPI tersebut adalah memberhentikan dengan hormat semua anggota Badan Pengurus YAKAPI yang lama dengan ucapan banyak terima kasih atas segala jasa dan pengabdianya selama ini, dan selanjutnya menunjuk/ mengangkat Badan Pengurus YAKAPI periode 1996 – 1999, dengan susunan sebagai berikut:
Ketua I : H. Suwardi Tirtosudarmo (Kol. Purn)
Ketua II : PM. Soedarsono, SE
Sekretaris I : Ir. Suprat
Sekretaris II : Widyatmoko, SH
Bendahara I : Drs. H. Soetadi
Bendahara II : Drs. Maryanto

Dewan Pengawas
1. Drs. Wayan Kantun T.
2. Budi Sarli Sinto, SH

Penerimaan siswa baru kelas I Ketua YAKAPI H. Suwardi Tirtosudarmo (Kol. Purn) ditujukan kepada Kepala Sekolah SMK Pembangunan Jaya - YAKAPI, Nomor : TU.02/013/ YAKAPI/1998, tanggal 23 Mei 1998, perihal Penerimaan murid baru kelas I. hal tersebut berkaitan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. Kep.015/I.I.A1/I/96, tertanggal 18 Juni 1996.

Dengan demikian, kiprah SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI Jakarta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diwujudkan dalam menyiapkan sumber daya manusia terampil sesuai dengan visi dan misi SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI yang lulusannya siap menjadi tenaga kerja tingkat menengah pada dunia usaha/ dunia industri sesuai dengan bidang keahliannya.

Adapun jurusan yang disiapkan oleh SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI Jakarta meliputi :
1. Akuntansi
2. Sekretaris (Administrasi Perkantoran)

Dalam perkembangan jurusan, SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI dengan menambah jurusan Penjualan dengan dikeluarkannya ijin dari Kepala Dinas Dikmenti Provinsi DKI Jakarta c.q. Kasubdis Pendidikan SMK Provinsi DKI Jakarta, Nomor : 720/078.6, tanggal 24 Maret 2004, perihal Pembukaan Program Keahlian Penjualan, a.n. Kepala Dinas Dikmenti Provinsi DKI Jakarta, C.q. Kepala Subdis Pendidikan SMK DKI Jakarta, sehingga SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI mempunyai jurusan antara lain:

1. Akuntansi
2. Sekretaris (Administrasi Perkantoran)
3. Penjualan (Manajemen Bisnis)

Peran serta ini tidak terlepas dari keinginan SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI Jakarta yang tertuang dalam visi dan misinya yang ingin menjadikan tenaga kerja terdidik, terampil, berjiwa wiraswasta dan profesional serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan masyarakat.

Tahun 2000, tepatnya tanggal 28 Februari 2000, telah diterbitkan NSS (Nomor Statistik Sekolah) yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan c.q. Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor : 342016304106, sebagai bukti tekahg tercatat pada daftar sekolah di lingkungan Kanwil Depdikbud DKI Jakarta sesuai izin operasional. Pada tanggal 17 Mei 2001 SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI telah memiliki NDS (Nomor Data Sekolah), dengan nomor : 4301040081, yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional c.q. Kantor Wilayah Depdiknas DKI Jakarta, sebagai tanda bahwa SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI telah tercatat oleh Pemerintah.
Perkembangan selanjutnya SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI telah menerima Nomor Identitas Sekolah (NIS): 40028, diterbitkan tanggal 19 April 2004 oleh Kepala Dinas Dikmenti Provinsi DKI Jakarta.
Dengan derasnya arus informasi dan globalisasi dalam menunjang visi dan misinya perlu hadirnya teknologi informasi di lingkungan pendidikan menengah yang investasinya tidak sedikit. Oleh karena itu, sarana komputer menjadi sarana yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran.
Perkembangan selanjutnya, SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI sudah terakreditas dua tahap dengan memperoleh jenjang atau status akreditasi dengan nilai “B”.
Akreditasi tahap pertama dengan diterbitkannya surat keputusan dari Badan Akreditasi Sekolah terakreditasi ”B” SK. No.08/BAS Dikmen/II/2004, tanggal 26 Februari 2004.

Sesuai dengan juknis maupun juklak dari Departemen Pendidikan Nasional c.q. Badan Akreditasi Nasional Seklah / Madrasah (BAN-S/M) tentang pelaksanaan Akreditasi tahap kedua tahun 2007 dengan mengakreditasi perjurusan, sehingga SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI yang memiliki 3 (tiga) jurusan dengan hasil akreditasi sesuai dengan diterbitkannya Sertifikat

Akreditasi nilai sebagai berikut:
1. Jurusan Akuntansi nilai akhir 83,78 peringkat B (Baik)
2. Jurusan Sekretaris nilai akhir 83,63 peringkat B (Baik)
3. Jurusan Penjualan dengan nilai 80,73 peringkat B (Baik)

KEMAJUAN DALAM BIDANG SARANA PRASARANA

Sampai saat ini SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI, sudah mengalami kemajuan yang cukup siqnifikan, dilihat dari perkembangan sarana dan prasarana. Hal ini selain dari bantuan RKB, juga komitmen dari SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI maupun YAKAPI untuk terus membangun.

Perkembangan tersebut meliputi Pembangunan gedung kelas / lokal antara lain :
1. Tahap pertama bisa membangun 3 (tiga) lokal lantai dasar,
2. Kemudian bisa merenovasi gedung sebelah utara (gedung AKAPI dan kelas samping AKAPI
3. Tahap ketiga bisa membangun ruang atas (tiga kelas)
4. Tahap keempat membangun ruang Tata Usaha dan Ruang Wakil Kepala Sekolah untuk lantai dasar dan dak untuk lantai 1 (atas)
5. Tahap kelima telah membangun 2 (dua) lokal dilantai dua

Dalam bidang perlengkapan sekolah mengalami perkembangan antara lain:
1. Lab Komputer 40 unit
2. Lab Teknik Komputer dan Jaringan 20 Unit
3. Lab Praktik Merakit Komputer 10 Unit
2. Mesin tik 40 unit
3. Lab. Bahasa 20 unit
4. Lab. Penjualan
5. Lab. Akuntansi
6. Lab. Administrasi Perkantoran

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H..

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H..
Segenap Pimpinan dan staff SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga Kita semua kembali fitri...

Brosur PPDB Tahun 2010/2011

Brosur PPDB Tahun 2010/2011
Brosur 1

Brosur 2

Brosur 3

Gedung SMK PJ

Gedung SMK PJ

Guru dan Karyawan SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI

Guru dan Karyawan SMK Pembangunan Jaya-YAKAPI
Guru yang berdedikasi tinggi, Sahabat belajar yang OK..